Nggak ribet kok


Brother and Sister all over the world.

Saya mau ngingetin buat Bro and Sis dimana saja.
Ini juga buat ngingetin saya juga tentunya. Isteri saya. Anak-anak saya.

Ngingetin tentang penggunaan hape.

Terutama untuk pemasangan wallpaper, atau juga picture profile baik di media sosial ataupun di aplikasi apapun yang ada di hape. Semua menyangkut masalah pemilihan atau pemasangan gambar islami, baik berupa gambar kaligrafi atau berupa doa, atau apapun yang didalamnya ada lafadz Allah, atau ayat-ayat Allah, atau hadist Nabi.

Menjadi bagus, apabila memang berada pada tempat dan lokasi yang baik. Bisa jadi ini akan menunjukkan pada dunia (sekitar) bahwa kita adalah seorang Muslim (yang religius).

Namun akan menjadi tidak bagus, bahkan terlarang, ketika kita membawa dan mengaktifkannya sehingga gambar atau tulisannya menjadi terbuka/terlihat jelas ketika berada di tempat terlarang, sebut saja toilet atau WC.

Hal lainnya adalah nada dering atau nada pengingat (alarm) termasuk didalamnya adalah notifikasi adzan, yang kesemua nadanya adalah ayat-ayat Al Quran.

Bisa jadi Bro and Sis tetap membawa hape ke dalam toilet namun tidak membukanya, bagaimana jika nada dering adalah bacaan Al Qur’an? Apakah ikut di silent mode juga?, jika tidak, dan berdering, maka sama saja hal itu adalah terlarang.

Khusus untuk nada dering, maka sebaiknya tidak menggunakan nada murottal atau pembacaan ayat Al Quran. Hal ini selain terlarang ketika berdering di dalam toilet, juga terlarang dimanapun ketika ayat yang dibacakan belum selesai secara sempurna namun sudah di matikan, maka akan menjadikan ayat yang dibacakan menjadi terputus dan mengakibatkan salah arti/pemahaman.

Kok jadi ribet ya?

Sebenarnya gak ribet-ribet amat sih, cuma kitanya aja kali yang mau kelihatan religius dimata orang lain, atau cuma mau gaya-gayaan.

Asesoris lainnya juga loh, seperti kalung, cincin dlsbg.

Biar aman, jangan pakai asesoris berlafadzkan Allah atau Muhammad. Khawatir ketika masuk toilet lupa di lepas.
Trus jangan membuka-buka hape di dalam toilet.
Bisa jadi Bro and Sis gak pakai gambar atau tulisan ayat-ayat Allah dan sejenisnya, bagaimana dengan teman-teman Bro and Sis? Apalagi kalau buka sosial media di dalam toilet, sangat riskan banget, karena banyak konten islami di sosmed yang juga terlarang di buka di dalam toilet.

Lebih aman lagi, gausah bawa hape ke toilet.

Nggak ribet kok.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita akan segera dilupakan!

Jadilah penghapal Alquran