Maklumin aja. Namanya juga anak kecil (1)


Anak kecil. Kelakuannya aneh-aneh. Bisa juga diluar dugaan. Bisa salah. Bisa benar. Namun mereka selalu menganggap benar. Tidak ada yang salah. Dan tidak pernah salah. Karena bagi mereka tidak ada salah dan tidak ada benar. Mereka melakukan sesuka hati.

---

Diajarin tiap saat, tapi tetap mengulangi kesalahannya; yang sebenarnya dia tidak tahu kalau itu adalah sebuah kesalahan. Maklumin aja. Namanya juga anak kecil.

Dikasih tahu, tetap tidak mau tahu. Maunya tempe. Keukeuh ada pendiriannya. Jika pendiriannya memang berdasarkan nalar yang benar, ya bagus. Yang jadi masalah adalah ia tidak tahu kalau pendiriannya itu benar atau tidak benar. Kadang ketika kita koreksi atas pendiriannya yang tidak benar, ia manggut-manggut layaknya orang yang paham dan mengerti permasalahan, namun setelah itu ia tetap pada pendiriannya. Maklumin aja. Namanya juga anak kecil.

Hari ini kita tunjukkan sesuatu yang benar, dan syukur alhamdulillah ia bisa menjalankannya sepanjang hari ini. Besok lusa, kembali ke semula, bahkan ia tidak mampu mengingat apa yang pernah di ajarkannya. Maklumin aja. Namanya juga anak kecil.

Hari ini kita ajarkan sesuatu yang baru dan tentunya yang benar. Alhamdulillah ia memahaminya, dan selalu berbuat sesuatu yang benar ketika dihadapan kita. Ketika kita berpaling darinya, ia tidak melakukannya dengan benar. Maklumin aja. Namanya juga anak kecil.

Anak kecil punya dunianya sendiri, yang terkadang sulit dipahami oleh orang dewasa. Namun akan menjadi sesuatu yang membahagiakan dan menyenangkan hati adalah ketika kita sadar dan kita tahu bahwa mereka memang anak kecil, hingga tiada sakit hati dalam menghadapi tingkah lakunya.

Hati akan plong dalam menghadapi mereka ketika hati kita bisa selalu berucap, “Maklumin aja. Namanya juga anak kecil”


Maklumin aja. Namanya juga anak kecil (2)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadilah penghapal Alquran

Kita akan segera dilupakan!